Connect with us

Zoom yang Mendadak Populer Hingga Tersandung Masalah Keamanan

aplikasi zoom

News

Zoom yang Mendadak Populer Hingga Tersandung Masalah Keamanan

Zoom, aplikasi konferensi video yang menjadi sensasi dalam semalam di saat banyak orang di seluruh dunia harus berdiam di rumah karena wabah virus corona, telah mengalami beberapa minggu yang berat.

Sementara popularitas Zoom meroket, banyak masalah privasi dan keamanan dengan berbagai aspek dari sisi perangkat lunak muncul, beberapa di antaranya cukup berbahaya.

Sekarang, Zoom sedang mengambil langkah-langkah untuk memperbaiki ini. Dalam posting blog yang panjang, CEO Zoom Eric S. Yuan meminta maaf atas masalah ini dan mengatakan perusahaan sekarang akan mengarahkan upayanya untuk membuat perbaikan.

“Kami menyadari bahwa kami tidak memenuhi harapan pengguna, dan harapan kami sendiri soal privasi dan keamanan. Untuk itu, saya sangat menyesal,” tulisnya.

Dalam posting tersebut, Yuan menjelaskan bahwa jumlah pengguna harian maksimum aplikasi berubah dari 10 juta pada Desember menjadi 200 juta pada Maret, menempatkan tekanan yang luar biasa pada perusahaan untuk meningkatkan layanan dalam mengakomodasi pengguna baru. Selain itu, basis pengguna Zoom meluas dari pelanggan institusional ke pengguna yang jauh lebih luas, sehingga membawa Zoom kepada “tantangan” yang tidak diduga saat platform ini mendadak populer.

Dia menguraikan beberapa langkah yang telah dilakukan perusahaan untuk memperbaiki masalah keamanan dan privasi yang meningkat, termasuk mencegah klien Zoom iOS mengirim data ke Facebook tanpa alasan yang baik, memperbaiki bug yang memungkinkan penyerang untuk mengambil kredensial login Windows pengguna lain, mengklarifikasi sifat enkripsi pada platformnya dan memperbarui kebijakan privasinya.

Mungkin yang lebih penting, Zoom telah berkomitmen untuk menghabiskan 90 hari ke depan secara proaktif menangani masalah keamanan potensial. Perusahaan tidak akan merilis fitur baru apa pun selama periode ini, alih-alih mengarahkan semua upayanya untuk memperkuat keamanan, dan itu akan dikerjakan oleh para ahli pihak ketiga untuk mengidentifikasi masalah potensial. Selanjutnya, Zoom akan merilis laporan transparansi, merinci informasi yang terkait dengan permintaan data, catatan, atau konten.

Langkah-langkah yang diambil Zoom adalah baik dan perlu untuk mendapatkan kembali kepercayaan pelanggan. Perangkat lunaknya memperoleh popularitas karena bekerja lebih baik daripada kebanyakan pesaing, dan mudah-mudahan upaya baru perusahaan akan mempercepat aspek keamanan dan privasi.

Comments

More in News

To Top