Connect with us

WhatsApp Siapkan Fitur Terima Atau Tolak Undangan Grup

fitur baru whatsapp

News

WhatsApp Siapkan Fitur Terima Atau Tolak Undangan Grup

Pernah secara tiba-tiba dimasukkan dalam sebuah grup oleh teman atau kerabat tanpa pemberitahuan terlebih dulu? Tentu hal ini membuat kesal jika ternyata grup yang kita masuki sebenarnya tidak kita inginkan.

Nah, sebentar lagi hal ini bisa diminimalisir karena WhatsApp sedang menyiapkan sebuah fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk mengatur siapa saja yang dapat mengundang kamu untuk masuk ke dalam sebuah grup percakapan. Tentu ini akan lebih menjaga privasi para pengguna di waktu yang akan datang.

Namun fitur ini masih dalam tahap uji coba, meskipun sebenarnya fitur ini sudah ada di aplikasi WhatsApp untuk bisnis. Akan seperti apa pengaturannya nanti, berikut penjelasannya.

Pengaturan undangan grup percakapan akan berada di menu privasi, dimana pengguna dapat memilih level pengaturan terhadap orang-orang yang dapat mengundang kamu dalam sebuah grup. Pilihannya ada tiga, yaitu Everyone, My Contact dan Nobody.

Pilihan Everyone

Apabila pilihan ini diaktifkan, maka semua orang akan bisa mengundang kamu dalam sebuah grup percakapan sekalipun ia tidak ada dalam daftar kontak, yang artinya kamu tidak membatasi privasi terhadap siapapun yang ingin memasukkan kamu dalam grup.

Pilihan My Contact

Jika pilihan ini diaktifkan, hanya orang-orang yang ada di dalam daftar kontak kamu yang bisa memberikan undangan ke dalam sebuah grup. Sementara orang lain yang tidak ada di dalam daftar kontak kamu tetap bisa mengundang, namun akan muncul notifikasi yang akan memberikan pilihan untuk pengguna apakan ingin join ke dalam grup tersebut atau tidak.

Pilihan Nobody

Ini adalah pilihan yang paling menjaga privasi pengguna terhadap undangan untuk masuk ke dalam sebuah grup. Jadi meskipun semua orang, baik yang ada dalam daftar kontak atau tidak tetap bisa memberikan undangan kepada pengguna, tapi pilihan untuk masuk ke dalam grup tersebut atau tidak sepenuhnya menjadi hak pengguna.

Pada opsi ini nantinya akan muncul sebuah notifikasi yang akan dibatasi selama 72 jam untuk pengguna memutuskan apakah ingin bergabung ke dalam grup percakapan itu atau tidak.

Fitur pengaturan undangan grup saat ini masih dalam tahap pengujian untuk pengguna yang ada dalam daftar iOS beta program, tetapi nantinya fitur ini akan tersedia baik bagi pengguna iOS ataupun Android.

Comments

More in News

To Top