Connect with us

Tutorial Selamatkan Smartphone yang Tercebur Ke Dalam Air

Tutorials

Tutorial Selamatkan Smartphone yang Tercebur Ke Dalam Air

Salah satu ketakutan terbesar para pengguna smartphone adalah ponsel yang mereka gunakan sehari-hari rusak karena tercebur atau terendam air. Meski kini telah banyak ponsel-ponsel yang dibekali dengan fitur ketahanan terhadap air berdasarkan sertifikasi Ingress Protection atau IP, tapi tetap saja rasa was-was itu ada.

Lantas apa yang harus dilakukan pengguna jika ponsel yang mereka gunakan terendam air, padahal ponsel tersebut tidak memiliki fitur ketahanan terhadap air?

Tenang jangan khawatir karena smartphone kesayangan kamu masih bisa diselamatkan dengan cara mengikuti langkah-langkah pertolongan pertama berikut ini.

1. Segera Angkat dari Air

Begitu kamu sadar ponselmu tercebur ke dalam air, segerat angkat. Hal ini guna mencegal air dapat merembes ke dalam komponen. Semakin cepat kamu mengangkat, semakin besar ponsel kamu bisa diselamatkan. Begitupun sebaliknya, jika dibiarkan semakin lama, maka kemungkinan ponsel kamu akan selamat semakin kecil.

2. Segera Matikan Ponsel

Setelah berhasil diangkat, segeralah mematikan ponsel kamu, guna menghindari terjadinya hubungan pendek arus listrik. Pastikan kamu tidak menyalakan ponsel kamu kembali, sebelum benar-benar yakin jika ponsel kamu telah kering seluruhnya.

3. Lepaskan Casing Ponsel

Segera lepaskan casing yang terpasang pada ponsel, agar kamu bisa segera melakukan proses pengeringan pada bagian bodi. Bila baterai ponsel kamu bisa dilepas, segera buka bagian belakang dan copot baterai. Tapi jika ponsel kamu tipe unibodi, pastikan saja tidak ada air yang masuk ke dalam komponen ponsel.

4. Keringkan dengan Handuk atau Kain

Keringkan ponsel kamu yang basah dengan handuk atau kain. Lap seluruh bodi ponsel hingga kering. Namun pastikan pada saat mengelap kamu tidak terlalu banyak menggoyangkan bodi ponsel. hal ini guna mencegah sisa-sisa air merembes ke komponen lain di dalam ponsel.

5. Lepas Kartu SIM dan SD Card Bila Ada

Lepas kartu SIM dan memori eksternal atau SD Card bila ada, guna mencegah terjadinya korosi pada bagian logam yang saling bersentuhan antara SIM atau memori eksternal dengan komponen ponsel. Lalu pastikan kedua benda tersebut kering sebelum kamu memasangnya kembali.

6. Gunakan Vacuum Cleaner

Jika pengeringan menggunakan kain atau handuk dirasa kurang maksimal, coba kamu gunakan vacuum cleaner untuk memastikan tidak ada air yang tersisa. Jangan pernah gunakan pengering rambut untuk mengeringkan ponsel yang terkena air. Sebab hair dryer sifatnya meniupkan angin, sehingga dikhawatirkan air justru akan semakin menyebar pada komponen ponsel.

7. Pendam Ponsel dalam Beras

Gunakan material yang dapat menyerap kelembapan seperti beras atau silica gel dan timbum ponsel kamu dalam material tersebut, tutup rapat dan diamkan selama 1 hari atau lebih. Hal ini berguna agar sisa-siar air yang masih mengendap bisa segera kering.

Setelah yakin ponsel sudah benar-benar kering coba nyalakan kembali ponsel kamu.

8. Bawa ke Service Center

Apabila kamu sudah mengikuti langkah2 di atas namun ponsel tidak kunjung menyala, maka kami sarankan untuk dibawa ke service center agar bisa dilakukan pengecekan lebih detil apa yang menyebabkan ponsel tetap mati.

Jangan pernah membongkar sendiri ponsel, jika kamu tidak memiliki keahlian tersebut.

9. Lem Biru

Kalo masih belum berhasil juga dan ponsel tetap mati total, mungkin sudah saatnya lempar ponsel kamu dan beli yang baru.

Comments

More in Tutorials

Advertisement

Trending

To Top