Connect with us

Tips Memilih Nama Domain yang Tepat untuk Website atau Blog

tips memilih nama domain

Tutorials

Tips Memilih Nama Domain yang Tepat untuk Website atau Blog

Nama domain merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan, agar situs web atau blog memiliki rating yang baik. Apalagi jika ingin membangun situs web/blog untuk kepentingan bisnis, menentukan nama yang ramah SEO dan mudah diingat orang menjadi begitu penting.

Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan nama domain yang tepat. Berikut kami rangkum hal-hal yang perlu jadi pertimbangan, sebelum memutuskan memilih nama domain.

Singkat dan Mudah Diingat
Secara umum, jauh lebih baik untuk memilih nama domain yang pendek. Semakin pendek nama domain, semakin mudah untuk diingat orang. Dari perspektif pemasaran hal ini sangat penting. Sebab bukan tidak mungkin, pengunjung web/blog akan memberitahukan orang lain tentang keberadaan web/blog yang dilihatnya.

Seperti halnya bisnis, dari mulut ke mulut adalah alat promosi paling ampuh untuk meningkatkan traffic. Jika namanya panjang akan sulit untuk diingat, kecuali orang itu melakukan bookmark dan mungkin saja mereka tidak akan pernah kembali.

Hindari Misspell (Salah Ejaan)
Rata-rata orang akan mengetikkan alamat pada browsernya untuk membuka sebuah web/blog. Jika nama domain mudah misspell, ini tentu akan merugikan. Misalnya nama domain “greattutorial(.)com”. Cermati lagi apakah ada situs lain yang didasarkan pada salah ejaan dari situs tersebut, misalnya “greattutorials(.)com”.

Tanda Penghubung
Seiring berjalannya waktu jumlah nama domain juga akan semakin berkurang, jadi segeralah memutuskan nama yang tepat untuk web/blog yang akan dibangun.

Dalam memilih nama, tentunya juga terdapat pilihan untuk memilih tanda penghubung. Tanda penghubung dapat memberikan keuntungan, karena memungkinkan untuk memisahkan dengan jelas beberapa kata dalam nama domain, sehingga dapat memperkecil kemungkinan misspell.

Sebagai contoh “yourdomainname(.)com” akan lebih mudah misspell ketimbang “your-domain-name(.)com”, tapi di sisi lain pemberian tanda penghubung juga bisa menambah panjang nama domain, jadi sebaiknya gunakanlah dengan bijak.

Keuntungan lain menggunakan tanda penghubung adalah, mesin pencari dapat mengambil unik setiap kata dalam nama domain sebagai kata kunci, Sehingga dapat memudahkan mesin pencari untuk menemukan web/blog.

Ekstensi Domain, Dot Apa?
Ada banyak pilihan ekstensi untuk nama domain seperti, .com, .net, .org, .info, .biz dan lain sebagainya. Yang paling umum digunakan adalah .com. Namun jika tidak memungkinkan untuk menaruh ekstensi .com, carilah alternatif lain. Kami sangat menyarankan menggunakan .net sebagai pilihan, sebab .net merupakan ekstensi urutan kedua terpopuler setelah .com.

Masalah Hukum
Hindari memilih nama domain yang sudah menjadi trademark suatu institusi atau lembaga, karena hal ini dapat menjerat kita kepada kasus hukum. Meskipun kasus yang berkaitan dengan masalah ini jarang terjadi, sebaiknya kita menghindari adanya kemungkinan resiko tersebut.

Mesin Pencari
Masing-masing mesin pencari memiliki proses yang unik dan berbeda satu sama lain, dalam menampilkan hasil pencarian atau daftar direktori. Jika memungkinkan pilihlah nama domain dari huruf alfabet yang paling awal, seperti “a” atau “b”. sebagai contoh “andiblog(.)com” akan tampil di atas “mariablog(.)com”. Periksa direktori sebelum memutuskan nama domain, dengan melakukan scan pada mesin pencari dan urutkan hasil berdasarkan kata kunci.

Continue Reading
You may also like...
Comments

More in Tutorials

To Top