Connect with us

Tawarkan Inovasi ScreenPad, Asus Rilis ZenBook Pro 14 UX480

zenbook pro ux480

News

Tawarkan Inovasi ScreenPad, Asus Rilis ZenBook Pro 14 UX480

Asus kembali memperkenalkan salah satu laptop kelas premiumnya dari jajaran ZenBook Pro yaitu ZenBook Pro 14 UX480. Sebuah laptop yang menyasar pengguna kreatif yang sering berkutat dengan konten gambar dan video.

Oleh sebab itu, pada ZenBook Pro 14 UX480, Asus membekalinya dengan beragam fitur yang dapat mendukung kebutuhan pengguna profesional di bidang kreatif. Salah satu yang menjadi jualan utamanya terletak pada layar dan penggunaan screenpad.

Sebenarnya ini bukan kali pertama Asus memperkenalkan teknologi screenpad pada laptopnya, karena tahun lalu Asus juga telah menyematkan fitur ini pada salah satu laptop premiunya juga yaitu ZenBook Pro UX580GD. Saat itu banyak yang menilai, termasuk kami, kehadiran screenpad hanyalah sebatas marketing gimmick dari Asus. Meskipun tidak sedikit pula yang memujinya sebagai sebuah inovasi.

Nyatanya, Asus cukup serius dan konsisten memperkenalkan teknologi screenpad pada jajaran laptop premiumnya. Nah buat yang belum familiar dengan istilah screenpad, berikut kami jelaskan sedikit apa fungsi dari screenpad pada laptop Asus ini.

Screenpad pada dasarnya adalah touchpad yang punya beberapa fungsi sekaligus. Pertama, jika digunakan sebagai mode screenpad, touchpad pada laptop akan otomatis berfungsi sebagai ekstensi aplikasi yang sedang berjalan di layar utama atau pengguna bisa menjalankan beberapa aplikasi yang dibuat khusus untuk screenpad. Sayangnya jumlah aplikasi yang dibuat khusus untuk screenpad masih sangat terbatas.

Mode kedua yang bisa dimanfaakan oleh pengguna adalah mode extension display. Fungsi ini kurang lebih sama dengan mode duplicate screen pada Windows. Jadi, penggunya bisa melihat apapun yang tertampil di layar utama pada layar touchpad.

Fitur jualan selanjutnya dari ZenBook Pro UX480 terletak pada layarnya. Karena ditujukan untuk memproduksi konten kreatif, Asus menggunakan panel khusus pada layar ZenBook Pro UX480 dengan teknologi yang disebut “Asus Calibration Technology”.

Berkat panel ini, Asus mengklaim jika layar pada laptopnya mampu memproduksi warna-warna yang lebih akurat. Angka yang dirilis oleh Asus yaitu sRGB 100% dan NTSC 72%, maka tak heran jika ZenBook Pro UX480 berhasil mengantongi sertifikasi kaliberasi warna dari PANTONE.

Untuk jeroannya, Asus ZenBook Pro UX480 membenamkan prosesor Intel Core i7 8565U Whisky Lake yang memiliki 4 core dan 8 thread. Sebuah prosesor yang cukup bertenaga namun tetap hemat daya.

Sedangkan untuk urusan image render, Asus masih menggunakan kartu grafis dari NVIDIA GeForce seri GTX, lebih tepatnya GTX 1050 Max-Q DDR5 2 GB. Cukup disayangkan mengapa Asus tidak menggunakan seri RTX, mengingat harga jual laptop ini cukup mahal.

Selanjutnya Asus juga telah menyematkan RAM DDR4 sebesar 16 GB berdampingan dengan SSD M.2 NVMe sebesar 512 GB sebagai penampung data. Jadi, dengan kombinasi spesifikasi tersebut bisa dipastikan performa ZenBook Pro UX480 cukup kencang.

Lalu berapa harganya? Asus ZenBook Pro UX480 dibanderol dengan harga resmi Rp 26.999.000. Tertarik?

Comments

More in News

To Top