Connect with us

Review vivo S1 Pro: Kamera Tak Optimal, Harga Overpriced

review s1 pro
Image: Taufik Hidayat / Geekstuff.ID

Reviews

Review vivo S1 Pro: Kamera Tak Optimal, Harga Overpriced

Pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan November 2019, vivo S1 Pro banyak mengundang pro dan kontra. Banyak pihak mengapresiasi desain bentuk kameranya yang mereka sebut dengan Diamond Shaped, namun tak sedikit pula yang mencibir karena kehadiran ponsel ini tampak seperti dipaksakan. Mengapa? Karena sejumlah fitur yang seharusnya sudah siap pada saat launching, tapi ternyata belum tersedia, setidaknya sampai dengan review ini dipublikasikan. Fitur tersebut diantaranya Electronic Image Stabilizer (EIS) dan Super Night Mode.

Jadi harga yang dibanderol Rp 3.999.000 untuk vivo S1 Pro ini dirasa oleh kebanyakan orang, terutama gadget enthusiast kurang memiliki value for money yang baik. Terlebih jika dibandingkan dengan kompetitor dari brand lain seperti Oppo dengan seri A90 2020 dan Samsung seri A50s.

Namun untuk mengetahui lebih detil seperti apa jagoan baru dari vivo untuk kelas mid-range ini, langsung aja kita bahas.

Desain

Usaha vivo untuk menghadirkan desain kamera belakang yang beda dari yang lain memang patur diapresiasi. Setidaknya vivo tidak mengikuti tren bentuk kamera belakang yang mengotak ataupun membulat. S1 Pro menawarkan bentuk kamera Diamond Shaped, dimana sebetulnya hanya sebuah ide simpel, dari bentuk persegi yang diputar tapi mampu membawa efek yang boleh dibilang menarik.

s1 pro camera

Sayangnya pilihan warna yang ditawarkan tidak terlalu banyak hanya ada Glowing Black dan Crystal Blue. Meskipun pada awal tahun 2020 ini vivo mengeluarkan warna baru untuk S1 Pro yakni Fancy Sky, tetapi agaknya warna tersebut hanya cocok untuk pasar perempuan saja. Unit yang diproduksi untuk warna ini sendiri tidak terlalu banyak.

Sedangkan untuk build quality-nya, S1 Pro terasa kurang kokoh. Hal ini terlihat setelah pemakaian beberapa minggu, mulai muncul baretan2 halus di bagian belakang ponselnya. Jadi saran kami, jika kamu membeli S1 Pro, langsung Gunakan casing yang sudah tersedia dalam paket pembelian.

Layar

vivo S1 Pro menggunakan layar Super AMOLED 6.38 inci dengan screen to body ratio 90% dan resolusi FHD+. Berkat penggunaan jenis layar tersebut S1 Pro juga sudah mendukung pemindaian sidik jari yang ada di layar untuk membuka akses ponsel, atau yang sering disebut vivo dengan Screen Touch ID.

layar s1 pro

Performa

Untuk urusan performa, vivo S1 Pro terbilang biasa saja, tidak terlalu istimewa. Dibekali dengan prosesor Snapdragon 665 dengan 8GB RAM dan 128GB ROM, ponsel sebetulnya cukup mumpuni untuk mengakomodir Kebutuhan penggunanya sehari-hari. Tetapi jika sudah urusan heavy duty seperti main game, performanya tidak terlalu baik. Kami telah mencobanya untuk bermain game PuBG dan masih terasa pergerakan yang tidak smooth dan kadang malah patah-patah.

vivo s1 pro pubg

Sedangkan untuk urusan multitasking, penyematan RAM 8GB sepertinya terasa sia-sia. Sebab OS FunTouch milik vivo ini ternyata akan melakukan auto kill terhadap aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar, namun tidak digunakan dalam jangka waktu lama. Jadi menurut kami penggunaan RAM 8GB itu useless.

Kamera

Bermodalkan tiga kamera dengan kamera utama 48MP AI Quad Camera, bukaan f/1.8. Kemudian ada Super Widw Angle Camera beresolusi 8MP yang mampu mengambil gambar seluas 120 derajat. Lalu ada Super Macro Camera dengan resolusi 2MP tapi mampu mengambil gambar makro dari jarak yang sangat dekat yaitu 4cm.

Dengan spesifikasi kamera seperti itu, sejatinya vivo S1 Pro mampu menghasilkan gambar yang baik, namun sangat disayangkan karena hanya kamera utama yang bisa memproduksi gambar cukup jernih. Sebab saat kami melakukan pengetesan, baik itu kamera Super Wide Angle dan Super Macro, keduanya terasa tidak optimal, terutama karena masih terdapat noise dan gambar terkesan pecah. Hal ini mungkin disebabkan karena perangkat lunak pada kamera yang belum mendapatkan pembaruan hingga review ini di publikasikan.

Photo reult s1 pro

Tidak jauh berbeda dengan kamera belakang, kamera depan vivo S1 Pro yang punya resolusi 32MP juga tidak bisa dibilang berhasil menghasilkan gambar sebagaimana seharusnya.

Baterai

Salah satu yang menjadi kelebihan vivo S1 Pro terletak pada kapasitas baterainya yang cukup besar, yakni, 4500mAh dan telah didukung dengan teknologi Dual-Engine Fast Charging, sehingga proses pengisian daya dapat dilakukan dengan waktu yang lebih singkat. Untuk port pengisian daya pun telah menggunakan USB Type-C.

s1 pro usb-c

Kesimpulan

Dari segi desain, vivo S1 Pro memang mampu menarik perhatian karena tampil beda dari yang lain. Tapi dari sisi performa dan fitur yang terbilang biasa saja, rasanya harga yang dibanderol terlalu over-priced, mengingat banyak ponsel dengan harga tak jauh beda punya performa dan fitur yang jauh lebih baik dari vivo S1 Pro.

vivo S1 Pro
6.3 Score
Kelebihan
  • - Desain Kamera
  • - Kapasitas Baterai
  • - Super AMOLED
  • Kekurangan
  • - Software Kamera
  • - Fitur
  • - Performa
  • Desain7.5
    Fitur6
    Performa6.5
    Value for Money5

    Comments

    More in Reviews

    To Top