Connect with us

Review Redmi Note 9: Serba Nanggung Dibanding Versi Pro

redmi note 9
Image: Prasetyo Adi / Geekstuff.ID

Reviews

Review Redmi Note 9: Serba Nanggung Dibanding Versi Pro

Redmi Note 9 Series merupakan ponsel yang lumayan ditunggu oleh banyak penggemarnya, selain karena harga yang relatif terjangkau, performanya juga terbilang baik dikelasnya. Setelah diluncurkan beberapa minggu lalu di Indonesia, akhirnya kami mendapat kesempatan untuk mereview ponsel kelas menengah yang satu ini.

Dibanderol dengan harga 2,5 juta, Redmi Note 9 membawa sejumlah perubahan baik dari sisi hardware maupun software. Dan meskipun biasanya seri non Pro punya spesifikasi lebih rendah, namun apakah ponsel pabrikan asal Tiongkok ini masih layak untuk jadi pertimbangan untuk dipilih? Langsung aja simak ulasannya.

Desain

kamera belakang redmi note 9

Dibandingkan dengan seri sebelumnya, Redmi Note 9 ini punya tampilan desain yang lebih segar. Hal ini tampak dari penempatan kamera belakang yang diposisikan simetris pada bagian tengah bodi, tidak seperti kebanyakan smartphone kekinian yang menumpuk kameranya disudut atas ponsel.

Pilhan warna yang dihadirkan juga cukup menggugah, terdiri dari warna Midnight Grey, Forest Green dan Polar White. Sayangnya saat menyentuh dan menggemgam langsung Note 9, pengguna bisa langsung merasakan kalo material yg digunakan memang terasa biasa saja, dan rasanya akan mudah tergores. Terlebih di bagian bodinya bisa kami duga tidak menggunakan anti-fingerprint, sehingga mudah kotor dengan ceplakan sidik jari. Namun begitu, pada catnya sudah dilapisi oleh P2i nano coating guna melindungi bodi saat terkena rintikan hujan ataupun cipratan air.

Layar

redmi note 9 layar depan

Redmi Note 9 menggunakan panel IPS 6,53 inci dengan resolusi 1080 x 2340px untuk rasio aspek 19,5: 9. Bezelnya cukup tipis, dengan penempatan kamera depan model punch-hole di sudut kiri atas layar, sehingga dapat memaksimalkan penglihatan pengguna saat digunakan untuk menonton video maupun ketika bermain game. Hal ini sedikit berbeda dibanding pada Note 9 Pro di mana posisi kamera depan diletakkan pada bagian atas tengah layar.

Untuk tingkat kecerahan layarnya, Redmi Note 9 diklaim mampu mencapai 450 nits, tapi sayangnya angka tersebut hanya dapat diraih ketika pengguna menggunakan mode otomatis. Sedangkan jika pengguna secara manual meningkatkan kecerahan hingga 100%, hanya akan mencapai angka 370 nits, yang berarti layarnya tidak cukup nyaman bila digunakan di luar ruangan.

Rasio kontras warna pada layar juga tidak terlalu baik, namun hal tersebut dapat dimaklumi mengingat ponsel ini masuk dalam kategori smartphone entry-level.

Performa

redmi note 9 mobile legends

Di seri Note 9 Pro, Redmi menggunakan chipset dari Qualcomm Snapdragon, tetapi pada Note 9 ini pabrikan ponsel asal negeri Tiongkok itu memutuskan untuk memilih chipset besutan MediaTek seri Helio G85. Prosesor ini tergolong anyar karena baru saja diperkenalkan pada bulan Mei lalu, dan memiliki karakteristik yang tidak jauh berbeda dari Helio G80. Mengapa terbilang identik? Sebab keduanya sama-sama mempunyai arsitektur octa-core dengan 2-core Cortex A75 yang berjalan pada 2.0 GHz dan 6-core Cortex A55 di 1.8 GHz.

Digadang-gadang sebagai chipset seri gaming, Helio G85 disandingkan dengan GPU ARM Mali-G52 yang diklaim mampu melibas game-game mobile seperti PuBG dan Mobile Legends. Sayangnya setelah kami coba mencicipinya untuk bermain kedua game tersebut, ternyata performanya tidak sebaik yang didengungkan, bahkan cenderung mengecewakan. Jangankan pada pengaturan grafis tinggi, pada pengaturan default saja, Redmi Note 9 seakan terengah-engah diajak bermain, karena frame rate yang drop dan lag yang masuk kategori tidak bisa ditolelir.

Setidaknya itu yang kami alami selama melakukan pengetesan ponsel ini. Jika ada dari kalian memiliki pengalaman berbeda, silakan tinggalkan opini kalian di kolom komentar.

Kamera

Redmi Note 9 dibekali oleh quad-camera dengan konfigurasi 48MP f/1.8 pada kamera utama, 8MP f/2.2 untuk kamera ultra wide-angle, dan masing-masing 2MP f/2.4 untuk kamera makro serta depth-sensor. Sedangkan di bagian depan Note 9 dibekali dengan kamera swafoto bersolusi 13MP f/2.0.

Lalu bagaimana dengan hasilnya jepretannya? Untuk kamera utama, warna dan ketajaman yang dihasilkan terbilang baik jika kondisi cahayanya cukup. Noise hanya terlihat jika gambar di zoom beberapa kali. Dibanding kompetitor lain direntang harga sama, kamera utama ponsel ini mumpuni.

48mp redmi note 9

Sedangkan untuk kamera ultra wide-angle, gambar yang dihasilkan kualitasnya sedikit turun dengan adanya sedikit noise, detil agak kabur dan highlight yang terpotong. Meskipun begitu, algoritma yang melakukan koreksi gambar pada hasil jepretan kamera bekerja cukup baik, karena subjek yang dekat dengan kamera dan berada di tengah terlihat cukup tajam.

wide redmi note 9

Sementara untuk kamera makronya punya auto fokus yang sangat baik, sehingga membuat proses pengambilan gambar makro lebih mudah. Pengguna tidak harus mencari jarak yang terlalu dekat dengan subjek foto guna mendapatkan fokus. Tapi untuk hasil jepretannya masih terbilang biasa saja, karena resolusi kamera makronya pun cukup kecil hanya 2MP.

makro redmi note 9

Sayangnya pada mode gelap atau yang sering dinamai night mode, hasilnya tidak terlalu memuaskan. Noise yang dihasilkan tidak terkontrol, ketajaman serta warna yang dihasilkan cenderung buruk dibandingkan dengan ponsel merek lain di rentang harganya.

night mode redmi note 9

Baterai & Audio

Redmi Note 9 punya kapasitas baterai yang besar yakni 5.020mAh, yang diklaim mampu bertahan hingga lebih dari dua hari. Hal ini bisa terjadi juga berkat penggunaan chipset yang hemat daya.

Untuk penggunaan normal dengan screen time antara 7 – 8 jam dan sudah termasuk menonton Youtube dan browsing web, memang terbukti dapat bertahan hingga dua hari. Sementara untuk pengisian daya ponsel satu ini telah didukung dengan pengisian cepat 18W lewat konektor USB-C. Waktu yang dibutuhkan untuk pengisian daya dari 0% hingga 100% adalah 2 jam 33 menit, sedangkan untuk mengisi dari 0% – 31% membutuhkan waktu 30 menit.

redmi note 9 usb

Dari sisi audio, Redmi Note 9 menawarkan speaker yang cukup baik. Meski bukan yang paling lantang, tetapi kualitas suaranya lumayan bagus. Tedengarannya datar, tapi vokalnya jelas.

Kesimpulan

Di rentang harganya, Redmi Note 9 bukanlah yang terbaik, tapi tidak juga yang terburuk. Tetapi jujur saja kami sulit untuk merekomendasikannya, karena dari segi performa benar-benar nanggung. Jika kamu punya uang lebih sekitar 1 juta, kami sarankan untuk mengambil versi Pro-nya yang dijual dengan harga Rp 3,5 juta.

Redmi Note 9
6.6 Score
Kelebihan
  • - Desain
  • - Kapasitas Baterai
  • - Fitur MIUI 11
  • Kekurangan
  • - Performa Chipset
  • - Kamera
  • - Tidak Ada NFC
  • Desain7.5
    Fitur6
    Performa5
    Value for Money8

    Comments

    More in Reviews

    Advertisement

    Trending

    To Top