Connect with us

Review Redmi Note 7: Hape Kekinian, Spek Tinggi, Harga Murah

review redmi note 7
Image: Prasetyo Adi / Geekstuff.ID

Reviews

Review Redmi Note 7: Hape Kekinian, Spek Tinggi, Harga Murah

Note 7 merupakan produk pertama Redmi setelah resmi menjadi sub-brand dari Xiaomi. Dan sebagai produk pertama, Redmi Note 7 boleh dibilang cukup sukses, karena berhasil menjadi hot produk yang banyak dicari oleh pengguna.

Alasannya sederhana, harga terjangkau tapi spesifikasi lumayan mumpuni untuk di kelasnya. Bahkan waktu pertama kali diluncurkan, harga resmi ponsel ini hanya Rp 1.999.000 saja, tapi jika kamu membelinya sekarang, mungkin harganya akan di atas itu.

Nah! Buat calon pengguna yang penasaran seperti apa bentuk hapenya, bagaimana desainnya, apa saja isi jeroannya dan seperti apa performanya, simak review kami sampai tuntas.

Desain

Secara desain bentuknya biasa saja, sama seperti kebanyakan ponsel saat ini, bezel tipis, ada poni yang disebut Redmi dengan ‘dot drop’, body bagian belakang menggunakan panel kaca 2,5D dengan Gorilla Glass 5. Jadi bisa dipastikan bagian belakang dari ponsel ini cukup terlindungi dari goresan-goresan ringan, tapi tidak aman dari jejak sidik jari karena sangat fingerprint magnet.

redmi note 7
Image: Prasetyo Adi / Geekstuff.ID

Masih di bagian belakang, terdapat pemindai sidik jari dan dua kamera yang bentuknya menonjol. Hati-hati karena akan mudah tergores jika diletakkan di atas meja atau benda keras lainnya. Pengguna harus menggunakan aksesoris tambahan untuk melindungi bagian ini.

Di sisi kanan terdapat tombol power dan volume, sementara di kiri ada slot dual SIM card dan micro SD (hybrid). Di bagian bawah ada koneksi USB tipe-C, dan di atas ada jack audio 3.5mm serta microphone.

redmi note 7
Image: Prasetyo Adi / Geekstuff.ID

Kualitas material yang digunakan terasa kokoh saat digenggam, tapi baik body bagian depan atau belakang, keduanya sangat licin. Sehingga terasa mudah tergelincir dari tangan.

Layar

Redmi Note 7 menggunakan layar 6,3 inci panel IPS dengan resolusi FHD+ 1080 x 2340 piksel dengan kerapatan sekitar 409 ppi dan rasio 19,5:9, yang dilindungi oleh Gorilla Glass 5.

Dilihat dari kualitas gambar, memang ponsel ini bukan yang terbaik di kelasnya, tapi setidaknya Redmi Note 7 menawarkan tingkat kecerahan maksimum di 479 nits dan rasio kontras yang layak di angka 1338:1 dalam mode warna default.

redmi note 7
Image: Prasetyo Adi / Geekstuff.ID

Sayangnya akurasi warna tidak terlalu baik, tapi itu bukan masalah besar, mengingat ini hanya sebuah hape dan bukan laptop yang digunakan untuk memproduksi gambar, sehingga butuh akurasi warna tinggi.

Namun harga tidak bohong, setelah beberapa minggu menggunakan ponsel ini, pada layar mulai muncul apa yang disebut dengan ‘ghosting’. Lalu pada area sekitar poni dan bezel atas terdapat warna kemerahan, tapi hanya terlihat jika latar belakang pada layar berwarna putih.

Baterai

Salah satu hal baik pada Redmi Note 7 adalah performa baterainya. Memiliki kapasitas besar, yakni 4000 mAh yang dipadukan dengan prosesor hemat daya, berbuah manis pada ketahanan baterainya. Pada tes waktu bicara dan siaga di jaringan 3G baterai mampu bertahan 108 jam, tapi saat digunakan untuk browsing dan menonton video, baterai hanya bisa bertahan 12 jam. Tidak buruk, tapi juga tidak istimewa.

Kemudian karena ini hape yang terbilang murah, jadi meskipun Redmi Note 7 sudah mendukung teknologi Quick Charge 4.0, tapi sayangnya Xiaomi hanya menyertakan pengisi daya 5V/2A. Dengan kata lain teknologi pada ponselnya terasa sia-sia.

Dari hasil tes menggunakan pengisi daya bawaan yang ada pada paket pembelian, waktu pengisian baterai dari 0 – 30% butuh waktu sekitar 30 menit. Cukup lama bukan? mengingat kapasitas baterainya 4000 mAh.

Performa

Sebelum bahas performa, perlu dipertahikan bahwa Redmi Note 7 yang kami tes mempunya spesifikasi chipset Snapdragon 660 AI Engine octa-core dengan 4x 260 Kryo Gold 2,2 GHz dan 4x Kryo Silver 1,84 GHz. Sementara RAM 4 GB dan ROM 64GB dan GPU Adreno 512. Ini penting karena Redmi Note 7 juga tersedia dalam spesifikasi yang lebih rendah yakni RAM 3 GB.

Snapdragon 660 dipadukan dengan MIUI 10 adalah pasangan yang sempurna, karena tidak menimbulkan kelambatan performa, lag ataupun hang. Tapi jangan pernah memodifikasinya menggunakan custom ROM, karena kami telah mengetesnya dengan beberapa custom ROM, dan itu berakibat pada menurunnya kemampuan multitasking, hang , serta beberapa masalah lain.

Untuk para gamer, kami juga telah mengetes ponsel ini untuk bermain beberapa game kekinian seperti mobile legends dan PUBG semua berjalan lancar dan halus.

Agar lebih jelas, simak angka-angka berikut dari Antutu Benchmark dan CPUID di bawah.

redmi note 7 antutu
Image: Geekstuff.ID

Agar lebih jelas, simak angka-angka berikut dari Antutu Benchmark dan CPUID di bawah.

Kamera

Bagaimana dengan kualitas hasil jepretan kameranya? Redmi Note 7 digadang-gadang punya kamera beresolusi tinggi yaitu 48 megapiksel, tapi asal tahu saja angka-angka itu sebenarnya tidak terlalu memberi perbedaan signifikan terhadap hasil foto. Sebab pada kenyataannya pada pengaturan default, ponsel ini justru menghasilkan gambar beresolusi 12 megapiksel, kenapa? karena pada resolusi itulah, gambar justru terlihat lebih jelas dan detil.

Untuk informasi spesifikasi kamera sepertinya sudah banyak yang tahu, jadi bagaimana kalau langsung saja lihat hasil-hasil jepretan Redmi Note 7 berikut ini.

redmi note 7 camera
Image: Ikhsan Setiawan / Geekstuff.ID
redmi note 7 camera outdoor
Image: Ikhsan Setiawan / Geekstuff.ID

Kesimpulan

Secara keseluruhan Redmi Note 7 adalah salah satu ponsel yang patut dipertimbangkan untuk kelas menengah. Spesifikasi dan performa yang ditawarkan cukup mumpuni, termasuk buat para pengguna yang gemar main game ataupun berfoto.

Harganya yang terbilang murah untuk smartphone di kelasnya membuat Redmi Note 7 mempunyai value for money yang sangat baik. Meskipun untuk material, khususnya pada layar patut diwaspadai. Sebab biasanya, ponsel-ponsel yang punya performa tinggi akan menghasilkan panas berlebih, yang cenderung berdampak pada layar menjadi burn-in atau ghosting setelah beberapa bulan pemakaian. Tapi biasanya itu sangat tergantung dari kebiasaan pengguna saat memakai ponsel ini.

Redmi Note 7
6.8 Score
Kelebihan
  • - Kamera
  • - Performa
  • - Kapasitas Baterai
  • Kekurangan
  • - Desain Mainstream
  • - Kualitas Layar
  • Kesimpulan
    Redmi Note 7 merupakan salah satu smartphone terbaik di kelasnya, dengan spesifikasi yang lumayan mumpuni dan harga terjangkau. Hasil jepretan kameranya pun cukup baik dibanding beberapa pesaing lain dengan resolusi kamera sama.
    Desain6
    Fitur6
    Performa7
    Value for Money8

    Comments

    More in Reviews

    Advertisement

    Trending

    To Top