Connect with us

Microsoft Windows 10X akan diluncurkan 2021

microsoft srface neo

News

Microsoft Windows 10X akan diluncurkan 2021

Sistem operasi Windows 10X yang direncakan hadir untuk perangkat layar ganda seperti Surface Neo, mungkin belum akan dirilis sampai dengan tahun 2021 mendatang. Padahal sebelumnya Microsoft telah merencanakan meluncurkan Windows 10X pada akhir tahun ini.

Dilansir oleh ZDNet, raksasa pembuat software tersebut juga dikabarkan tengah menyiapkan sejumlah perangkat layar ganda yang juga direncanakan hadir bersamaan dengan Windows 10X di pertengahan tahun depan. Jika benar, tentu penundaan ini akan sangat layak untuk ditunggu.

“Dunia adalah tempat yang sangat berbeda dari Oktober lalu ketika kami membagikan visi kami untuk kategori baru perangkat Windows dua-layar,” ujar Kepala Surface dan Windows Panos Panay pada bulan Mei lalu.

Sejalan dengan hal tersebut, Microsoft juga dikabarkan bakal meninggalkan dukungan untuk aplikasi desktop Win32, dan membuat sistem operasi Windows 10X menjadi lebih ringan layaknya Chrome OS. Alasannya, selain agar Windows 10X dapat berjalan di perangkat dengan spesifikasi lebih rendah, juga menjadi solusi dari masalah kompatibilitas aplikasi.

Keterlambatan peluncuran Windows 10X ini memang disebabkan oleh beberapa hal. Selain kondisi tersebut tadi, Microsoft juga tengah berupaya untuk membuat sejumlah perbaikan di sisi UI dan UX dari Windows 10X ini. Perubahan itu termasuk pada pembaruan desain Start menu, serta pengaturan ikon baru.

Banyak pihak berharap Microsoft membawa banyak pembaruan signifikan pada desain Windows 10X, mengingat perusahaan milik Bill Gates tersebut sekarang banyak mengalokasikan sejumlah timnya untuk didedikasikan pada konsistensi desain dan ikonografi di Windows 10X.

Comments

More in News

To Top