Connect with us

Microsoft Rilis Office untuk iOS & Android dengan Fitur Baru

aplikasi office ponsel

News

Microsoft Rilis Office untuk iOS & Android dengan Fitur Baru

Microsoft baru saja merilis aplikasi Office terbaru untuk perangkat iOS dan Android. Berbeda dari Office sebelumnya yang berdiri sendiri tiap aplikasinya, kini semua aplikasi seperti Word, Excel, PowerPoint menjadi satu. Jadi layaknya sebuah hub, Office terbaru mengintegrasikan semua fitur dalam satu aplikasi guna memudahkan penggunanya untuk tetap produktif meski sedang bepergian.

Dengan bergabungnya semua aplikasi tersebut, pengguna dapat beralih antar dokumen dengan cepat. Microsoft juga menambahkan dukungan untuk penyimpanan dokumen di cloud pihak ketiga seperti Dropbox, Google Drive dan iCloud. Namun untuk sementara ini belum semua fitur tersedia, Microsoft berjanji akan segera mengoptimalisasi aplikasinya untuk tablet berbasis iPadOS dan Android segera.

Meskipun saat ini fitur yang tersedia masih terbatas hanya untuk membuat template, scanning tables, serta penggunaan Word, Excel atau PowerPoint, tapi Microsoft sudah menyiapkan segudang fitur yang fokus pada penggunaan di perangkat mobile. Salah satu yang cukup menarik adalah fitur Word Dictate. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk mengubah suara menjadi teks, bahkan ada perintah suara khusus untuk menambahkan tanda baca seperti koma, tanda tanya, dan tanda seru.

Selain itu, Microsoft juga berencana membuat Excel lebih mudah digunakan di perangkat mobile dengan tampilan kartu, sehingga pengguna dapat mengedit data Excel dengan tampilan yang lebih ramah dilihat pada layar ponsel vertikal. Fitur ini menjawab kebutuhan pengguna yang sering kali kesulitan untuk mengedit file Excel di ponsel, karna harus menggeser-geser tampilan layar untuk melihat setiap barisnya.

Fitur terakhir yang direncakan bakal hadir adalah kemampuan untuk mengubah kerangka sederhana menjadi file presentasi PowerPoint. Jadi pengguna dapat menuangkan ide mereka diperangkat ponsel berupa kerangka atau poin-poin sederhana, dan fitur PowerPoint Designer akan mengubahnya menjadi slide presentasi lengkap dengan format desain sesuai keinginan pengguna.

Memang ketiga fitur baru tersebut belum tersedia pada rilisan saat ini, tapi Microsoft berjanji akan segera menghadirkannya dalam waktu beberapa bulan ke depan. Untuk sementara waktu pengguna dapat mengunduh Office terpadu ini di iOS dan Android. Meskipun begitu, Microsoft tetap akan menyediakan versi individual dari aplikasi Word, Excel dan PowerPoint bagi pengguna yang hanya membutuhkan satu diantara tiga aplikasi tersebut.

Comments

More in News

To Top