Connect with us

macOS Big Sur Sudah Bisa Diunduh. Ini Daftar Mac yang Didukung

big sur

News

macOS Big Sur Sudah Bisa Diunduh. Ini Daftar Mac yang Didukung

Apple telah resmi meluncurkan macOS versi terbarunya yang mereka beri nama Big Sur atau dikenal juga dengan macOS 11. Big Sur adalah salah satu pembaruan sistem operasi terbesar yang dilakukan Apple untuk semua perangkat Mac mereka termasuk laptop dan desktop setalah bertahun-tahun.

Big Sur menampilkan desain antarmuka, ikon, dan bilah menu dari atas ke bawah, serta UI control center terbaru yang diadopsi dari iOS, termasuk widget, dan berbagai perbaikan lainnya. Ini merupakan perubahan besar dari seri OS X / OS 10 yang telah digunakan untuk Mac selama hampir 20 tahun.

Apple juga menambahkan beberapa fitur baru yang terkait dengan privasi, termasuk pelacakan informasi yang lebih baik di Safari dan data privasi baru di Mac App Store untuk aplikasi apa pun yang diunduh pengguna.

Namun Big Sur bukan hanya sekedar OS baru dari Apple yang membawa fitur-fitur anyar, melainkan juga menjadi OS pertama yang ditenagai oleh prosesor besutan Apple sendiri yakni M1 pada perangkat MacBook Air, MacBook Pro, dan Mac mini yang baru saja diumumkan perilisannya pada 17 November lalu.

Apple mengatakan bahwa Big Sur didesain secara khusus untuk berjalan optimal pada sistem baru berbasis ARM, dengan membawa lebih banyak fitur yang tidak ditemukan pada produk Mac berbasis Intel, seperti kemampuan untuk menjalankan aplikasi iOS dan iPad.

Berikut daftar lengkap perangkat Mac yang dapat menjalankan Big Sur, antara lain:

  • MacBook (2015 dan lebih baru)
  • MacBook Air (2013 dan lebih baru)
  • MacBook Pro (akhir 2013 dan lebih baru)
  • Mac mini (2014 dan lebih baru)
  • iMac (2014 dan lebih baru)
  • iMac Pro (2017 dan lebih baru)
  • Mac Pro (2013 dan lebih baru)

Sejumlah perangkat Mac yang masih mampu menjalankan macOS Catalina namun tidak memenuhi kualifikasi untuk mendapatkan pembaruan Big Sur diantaranya adalah Macbook Air 2012, Macbook Pro pertengahan 2012 dan awal 2013, Mac mini 2012 dan 2013, serta iMac 2012 dan 2013.

Comments

More in News

To Top