Connect with us

Cara Mengaktifkan Fitur Kontrol Orang Tua di Hape Android

anak dan gadget
Image: Chung Sung-Jun / Getty Images

Tutorials

Cara Mengaktifkan Fitur Kontrol Orang Tua di Hape Android

Banyak anak-anak di jaman sekarang sangat dekat dengan perangkat gadget seperti smartphone atau tablet. Biasanya mereka menggunakan perangkat ini untuk sekedar bermain game ataupun menonton film, dan menurut kami itu tidak salah. Sebab konten-konten di dalamnya tidak melulu negatif, bahkan banyak konten-konten positif yang sifatnya edukatif.

Namun tidak sedikit orang tua yang khawatir anaknya menonton film atau mengunduh game dari Google Play yang tidak sesuai dengan usianya. Lalu bagaimana cara untuk melindungi anak-anak agar tidak terpapar konten-konten negatif yang tidak sesuai umurnya?

Sebenarnya Google telah menyematkan sebuah fitur Kontrol Orang Tua (Parental control) di Google Play pada setiap perangkat ponsel berbasis Android. Sayangnya kebanyakan orang tua tidak tahu cara mengaktifkan dan mengatur fitur ini.

Oleh sebab itu, berikut kami jelaskan cara untuk mengaktifkan dan mengatur fitur Kontrol Orang Tua di hape Android.

  • Buka aplikasi Google Play.
  • Tap ikon menu (garis tiga) di pojok kiri atas. Kemudian pilih ‘Setting’, lalu pilih ‘Parental control’, di bagian ‘User Control’
  • Aktifkan ‘Parental control’ On.
  • Selanjutnya orang tua diminta untuk membuat PIN, guna mencegah anak agar tidak bisa mengubah pengaturan ini.
  • Setelah itu pilih aplikasi atau game yang ingin diatur sesuai dengan usia anak, lalu tap ‘Save’. Terdapat pilihan usia dari 3+, 7+, 12+, 16+, 18+ dan tanpa batasan. Jadi saat orang tua memilih usia 7+ misalnya, maka hanya aplikasi-aplikasi untuk 7 tahun ke bawah yang akan muncul di halaman pencarian.
google play
Image: Viola Maulidia / Geekstuff.ID
google play kontrol orang tua
Image: Viola Maulidia / Geekstuff.ID

Begitulah cara untuk mengaktifkan serta mengatur fitur Kontrol Orang Tua pada hape Android. Dengan menagaktifkan fitur ini setidaknya orang tua bisa meminimalisir dan melindungi anak-anaknya dari aplikasi atau games yang memiliki konten negatif dan tidak sesuai usia.

Selamat mencoba!

Comments

More in Tutorials

To Top