Connect with us

Cara Cek Email Tokopedia Terdampak Kasus Kebocoran Data atau Tidak

aplikasi tokopedia

Tutorials

Cara Cek Email Tokopedia Terdampak Kasus Kebocoran Data atau Tidak

Belum lama ini salah satu situs e-commerce ternama tanah air, Tokopedia, dikabarkan berhasil diretas dan kehilangan 15 juta data penggunanya. Bahkan dalam pembaruan berita data yang diduga bocor mencapai 91 juta pengguna, dan 7 juta merchant Tokopedia yang diperdagangkan di situs gelas alias dark web.

Semua data-data pengguna tersebut menurut informasi yang dibagikan oleh akun @underthebreach dipasarkan dengan harga $5.000 atau sekitar Rp 74 juta. Akun tersebut juga menyertakan screenshot sebagian daftar akun pengguna Tokopedia yang berhasil dicuri.

Tentu saja hal ini bakal merugikan seluruh pengguna yang datanya dicuri. Sebab, bukan tidak mungkin data-data pengguna, termasuk email dan nomer telepon dapat disalahgunakan.

Sekalipun pihak Tokopedia telah secara resmi memberikan pernyataan bahwa informasi password pengguna tetap aman dan terlindungi, karena menggunakan pengamanan berlapis termasuk OTP, tetap saja kita tak tahu kemungkinan yang bisa terjadi.

Nah, untuk itu tidak ada salahnya untuk mengecek akun email yang kamu gunakan pada layanan online tersebut pernah terdampak oleh insiden kebocoran data atau tidak. Bagaimana caranya? Simak langkah mudahnya berikut ini.

  1. Kunjungi situs haveibeenpwned.com. Situs ini mampu mengidentifikasi apakah alamat email kamu ikut bocor atau tidak.
  2. Setelah itu ketikan alamat email yang kamu gunakan untuk registrasi pada situs belanja online, misalnya Tokopedia. Lalu klik tombol “pwned” di sebelah kanan.
  3. Tunggu beberapa saat hinggal hasilnya keluar. Kemudian scroll ke bawah untuk melihat detil daftar akun di platform mana saja yang terdampak.

Jika memang akun email kamu terdampak kasus kebocoran data pada sejumlah platform, ada baiknya segera ganti kata sandi dan gunakan fasilitas verifikasi dua langkah guna meningkatkan perlindungan pada akun. Selain itu, ganti juga kata sandi yang kamu gunakan pada beberapa akun platform lain yang menggunakan kata sandi serupa.

Selamat mencoba dan semoga akun kamu terhindar dari kasus pencurian data!

Comments

More in Tutorials

To Top