Connect with us

Berubah Pikiran, Trump Ijinkan Huawei Berbisnis dengan AS

huawei
Image: AFP / Getty Images

News

Berubah Pikiran, Trump Ijinkan Huawei Berbisnis dengan AS

Presiden AS Donald Trump akhirnya melunak, dan memutuskan merubah keputusannya untuk kembali mengijinkan Huawei untuk kembali berbisnis dengan perusahaan-perusahaan di Amerika.

Hal ini disampaikan Trump pada pertemuan G-20 yang diselenggarakan di Osaka, Jepang. “Saya telah setuju untuk mengijinkan perusahaan AS, untuk menjual produknya ke Huawei,” ujarnya.

Namun pernyataan tersebut bukanlah tanpa syarat, Trump menyebutkan hanya produk-produk yang tidak akan menimbulkan isu keamanan nasional yang boleh dijual ke Huawei.

Tentu hal ini membuat perusahaan asal China tersebut bisa sedikit bernafas lega. Sebab, itu berarti Huawei bisa kembali bermitra dengan sejumlah perusahaan AS, guna membeli komponen yang dibutuhkan untuk produk smartphone dan laptop mereka. Meskipun untuk perangkat jaringan sepertinya akan tetap ada pelarangan.

Sekalipun sudah mengeluarkan pernyataan demikian, Huawei nyatanya belum dikeluarkan dari dalam daftar “entity list” Departemen Perdagangan Amerika. Trump menyatakan bakal ada diskusi khusus untuk dapat mengeluarkan Huawei dari daftar tersebut. Hingga saat ini, Trump masih terus melakukan pembicaraan intensif dengan Presiden China Xi Jinping.

Meski terindikasi bakal jadi diskusi yang alot, setidaknya Huawei bisa mengurangi sedikit dampak krisi yang ditimbulkan dari aksi perang dagang ini pada perusahaannya.

Pasalnya seperti yang kita tahu, Huawei telah mengurangi produksi smartphone berbasis Android mereka, karena khawatir tidak lagi mendapat dukungan dari Google.

Hal yang sama juga terjadi pada lini bisnis perangkat PC dan laptop Huawei, yang bahkan lebih parah. Sebab, sebagian besar komponen yang mereka gunakan didapat dari perusahaan-perusahaan Amerika, seperti prosesor Intel misalnya.

Comments

More in News

To Top