Connect with us

Asus ZenFone 6, Hape Flagship dengan Inovasi Kamera Putar

zenfone 6

News

Asus ZenFone 6, Hape Flagship dengan Inovasi Kamera Putar

Asus ZenFone 6 telah resmi diluncurkan di kota Valencia, Spanyol. Ada beberapa ubahan yang cukup signifikan dari ponsel ini dibanding dengan pendahulunya ZenFone 5 yang bisa dibilang hanya sebuah ponsel membosankan yang meniru iPhone X.

Asus memang dikenal dengan inovasinya di setiap produk yang mereka luncurkan. Seperti pada lini produk laptop premiumnya, ZenBook Pro, yang hadir dengan inovasi teknologi screenpad, pada produk smartphone pun juga demikian, ada sentuhan inovasi yang sukses disematkan Asus.

Alih-alih mengikuti tren penggunaan kamera pop-up demi menghilangkan poni di bagian ddepan layar dan membuat tampilan layar jadi lebih luas, Asus menyiasatinya dengan inovasi Flip Camera alias kamera putar. Setidaknya ada dua keuntungan yang diberikan berkat hadirnya kamera putar tersebut.

Pertama, hasil foto selfie akan terlihat lebih maksimal, karena seakan-akan pengguna berfoto selfie mneggunakan kamera belakang yang biasanya memiliki resolusi dan sersor terbaik karena diposisikan sebagai kamera utama. Kedua, desain secara keseluruhan dari smartphone ini tampak lebih manis.

Untuk spesifikasi kameranya sendiri, Asus ZenFone 6 menggunakan dua kamera utama yang masing-masing memiliki resolusi 48 megapiksel dengan bukaan f/1.8 dan menggunakan sensor Sony IMX586, sedangkan kamera kedua punya resolusi 13 megapiksel dengan lensa ultra-wide 125 derajat. Kamera tersebut juga mampu melakukan perekaman video 4K pada 60fps dengan dukungan Electronic Image Stabilization (EIS).

Teknologi kamera putar Asus ZenFone 6 telah dilengkapi penggerak mekanis, yang dibalut dengan material liquid metal sebagai rumah kamera guna meningkatkan daya tahannya. Ditambah, ada sensor yang akan otomatis menutup kamera, jika ponsel dideteksi terjatuh.

Asus juga mengklaim bahwa fungsi flip camera-nya tahan lama , karena telah diuji sebanyak 100 ribu kali buka tutup, atau sama dengan 28 kali selfie sehari selama lima tahun. Bukan waktu yang sebentar, bukan?

Bukan cuma soal kameranya, Asus ZenFone 6 juga menawarkan spesifikasi jeroan lumayan handal, karena telah membenamkan chipset Snapdragon 855, dipadu dengan tiga pilihan konfigurasi RAM dan ROM. Mulai dari 6 GB RAM/64 GB ROM, 6 GB RAM/ 128 GB ROM, dan 8 GB RAM/256 GB ROM. Masih kurang? Pengguna bisa memanfaatkan slot microSD yang bisa diisi hingga 2 TB.

Sementara layar menggunakan panel LCD IPS berukuran 6,4 inci dengan rasio 19,5:9 dan rasio bodi ke layar 92 persen. tingkat kecerahannya pun terbilang baik yaitu mencapai 600 nits, serta telah mendukung DCI-P3. Untuk perlindungan layar Asus telah menggunakan Corning Gorilla Glass 6 dan bingkai layar menggunakan material alumunium 6000 series.

Lalu untuk mendukung performanya, Asus ZenFone 6 telah dibekali baterai berkapasitas 5000mAh dengan fitur Quick Charge 4.0 18 W.

Sedangkan untuk OS, ZenFone 6 menggunakan Android 9 Pie dan telah terdaftar sebagai salah satu smartphone yang akan mendapat prioritas update OS ke Android 10 Q. Bahkan pihak Asus berjanji untuk terus memperbarui OS ZenFone 6 hingga Android 11 R.

Fitur yang hadir juga cukup beragam, mulai dari hadirnya NFC, tombol khusus untuk Google Assistant, dan masih banyak lagi.

Harga? Asus ZenFone 6 dijual dengan harga bervariasi sesuai dengan spesifikasinya. Untuk spek RAM 6 GB dan ROM 64 GB dibanderol 499 Euro atau Rp 8,1 juta, lalu spek RAM 6 GB/ROM 128 GB 559 Euro atau Rp 9,1 juta, dan spek tertinggi 8 GB RAM/256 GB ROM dihargai 599 Euro alias Rp 9,7 juta.

Comments

More in News

To Top