Connect with us

9 Fitur Tersembunyi pada iOS 13 yang Perlu Kamu Tahu

ios 13
Image: Getty Images

Featured

9 Fitur Tersembunyi pada iOS 13 yang Perlu Kamu Tahu

Seperti yang sudah banyak diketahui, iOS akan membawa banyak pembarua dan akan mulai tersedia sekitar bulan September, berbarengan dengan peluncuran iPhone generasi terbaru.

Beberapa fitur yang sudah umum diketahui diantaranya yaitu hadirnya dark mode, pembaruan aplikasi Photos, kustomisasi emoji baru, dan banyak lagi. Namun selain fitur-fitur tadi iOS 13 sebenarnya juga memiliki sejumlah fitur baru yang tidak banyak diketahui orang.

Inilah 9 fitur tersembunyi pada iOS 13 yang perlu kamu tahu. Namun perlu dicatat, fitur yang kami sebutkan di bawah berdasarkan pada iOS 13 developer beta1. Fitur dapat berubah saat iOS 13 versi publik dirilis.

1. Pembaruan Tampilan Kontrol Volume

Banyak orang yang tidak meyukai tampilan kontrol volume pada layar perangkat iOS saat ini. Pasalnya tampilan kontrol volume pada iOS saat ini berada di tengah-tengah layar, sehingga menghalangi tampilan konten yang ada di belakangnya.

Untungnya Apple menyadari hal ini, dan telah merancang ulang tampilan kontrol volume, sehingga tidak menghalangi pandangan Anda terhadap konten yang sedang dilihat.

2. Pengaturan WiFi dan Bluetooth yang lebih baik

Hal lain yang diperbarui di iOS 13 adalah pengaturan jaringan WiFi dan koneksi Bluetooth. Saat ini tombol pintas untuk WiFi dan Bluetooth ada di control center, tapi sayangnya tombol tersebut hanya dapat mengaktifan dan menonaktifkan fungsi WiFi dan Bluetooth. sedangkan untuk memilih jaringan WiFi yang ingin digunakan atau perangkat Bluetooth yang mau dihubungkan, pengguna harus masuk ke menu pengaturan.

Di iOS 13, pemilihan jaringan WiFi dan Bluetooth bisa dipilih langsung dari control center, tanpa harus membuka menu pengaturan. Sebenarnya fitur ini sudah lebih dulu ada di perangkat berbasis Android, dan Apple sepertinya mengadopsi fungsi tersebut.

3. Quick Action tanpa 3D Touch

Fungsi 3D Touch untuk membuka menu Quick Action kabarnya akan dihilangkan dari perangkat iOS. Jadi, untuk mengakses fungsi Quick Action, pengguna tidak perlu menekan dengan keras ikon aplikasi, namun cukup dengan menekannya agak lama.

4. Handwriting Keyboard yang dapat disesuaikan

Fitur handwriting keyboard biasanya digunakan oleh orang yang ingin menulis dalam alfabet China atau Jepang. Nah, jika pengguna membutuhkan area penulisan yang lebih luas agar dapat menuliskan lebih banyak kanji, maka ukuran area penulisan dapat diperluas sesuai dengan keinginan pengguna.

5. Pengisian baterai yang dioptimalkan

Mungkin banyak dari kalian yang sudah tahu bahwa untuk menjaga baterai lithium-ion tetap dalam kondisi prima, pada saat pengisian daya baterai tidak boleh terlalu sering menyentuh angka 100 persen. Biasanya dianjurkan untuk mengisi daya hanya sampai 80 persen saja, agar baterai tetap sehat.

Nah di iOS 13 ini, Apple menyediakan fitur yang diberi nama Optimized Battery Charging yang berguna untuk menjaga kondisi baterai perangkat iOS kamu, dan membatasi pengisian daya hanya sampai 80 persen.

6. iMessage dan FaceTime mendukung Dua kartu SIM

Meski perangkat iOS telah mendukung penggunaan dua kartu SIM, Sayangnya di iOS 12, pengguna hanya dapat menggunakan iMessage dan FaceTime pada satu nomer yang telah ditentukan. Tetapi nanti di iOS 13, pengguna iPhone yang memiliki dua kartu SIM dapat mengirim pesan dan menerima iMessage dari kedua nomer.

Hal yang sama juga berlaku untuk membuat dan menerima panggilan FaceTime.

7. Menghapus Aplikasi dari dalam App Store

Menghapus aplikasi di iPhone terbilang cukup rumit, karena pengguna harus menekan dan menahan ikon aplikasi hingga timbul getaran dan tanda “x” muncul, baru kemudian cari aplikasi yang hendak dihapus.

Di iOS 13, Apple menambahkan cara lain untuk menghapus aplikasi, yaitu dari dalam App Store. Cukup buka App Store, geser ke kiri untuk menampilkan opsi hapus aplikasi. Simpel, bukan?

8. Penyesuaian Perspektif pada Aplikasi Photos

Selain penambahan efek foto baru pada aplikasi Photos, Apple juga menyematkan fitur baru yang berguna untuk menyesuaikan perspektif sebuah foto, antara sumbu x dan sumbu y.

9. Fitur AirDrop Lebih Rumit

Tidak semua fitur di iOS 13 menjadi lebih baik. Kami menemukan setidaknya satu perubahan baru yang justru terasa seperti sebuah kemunduran, yaitu pada aplikasi AirDrop.

Pada versi iOS saat ini, untuk bisa berbagi file melalui AirDrop, tampilan pilihan share memunculkan semua perangkat yang dapat dikirimi file. Namun di iOS 13, berbagi file melalui AirDrop memerlukan langka ekstra. Pertama ketuk ikon berbagi, lalu AirDrop, lalu pilih perangkat. Padahal saat ini untuk berbagi file via AirDrop pengguna hanya memerlukan dua langkah saja.

Comments

More in Featured

Advertisement

Trending

To Top