Connect with us

4 Situs Pemendek Url Terbaik, Agar Lebih Mudah Berbagi Link

pemendek url

Featured

4 Situs Pemendek Url Terbaik, Agar Lebih Mudah Berbagi Link

Ketika ingin berbagi tautan (link) sebuah berita atau artikel, sering kali kita dihadapkan pada kendala tautan yang terlalu panjang. Sehingga sulit diingat atau bahkan membuat kita tidak bisa membagikan tautan tersebut, karena ada keterbatasan karakter pada beberapa platform media sosial, seperti Twitter misalnya.

Jadi, solusi terbaiknya adalah dengan memendekkan tautan, agar lebih mudah untuk dibagikan di berbagai macam platform, seperti media sosial, aplikasi pesan instan dan lain sebagainya.

Ada banyak situs layanan untuk memendekan tautan di jagat maya ini. Lalu, dimana dan apa situs layanan pemendek (shortener) url terbaik yang bisa digunakan?

Berikut adalah empat situs layanan pemendek Url terbaik menurut Geekstuff.ID.

1. Bit.ly

bitly

Bitly adalah salah satu situs layanan pemendek url yang paling populer, bahkan Bitly direkomendasikan oleh Google ketika layanan pemendek Url miliknya goo.gl ditutup.

Bitly menawarkan banyak opsi dalam layanannya, mulai dari kustomisasi link, jumlah klik pada pada tautan yang telah dibagikan, lokasi goegrafis orang yang meng-klik tautan dan dari platform mana mereka meng-klik link tersebut. Apakah dari Facebook, Twitter, email, atau SMS.

Namun untuk bisa menggunakan opsi layanan tertentu pengguna diharuskan untuk memiliki akun. Tapi, jika pengguna hanya ingin memendekkan url dan tidak membutuhkan opsi layanan lainnya, pengguna bisa langsung menggunakan Bitly tanpa harus login atau membuat akun.

2. Ow.ly

owly

Owly juga merupakan salah satu layanan pemendek url yang direkomendasikan oleh Google. Namun tidak seperti Bitly yang bisa digunakan oleh siapapun tanpa harus membuat akun, Owly mengharuskan setiap penggunanya untuk membuat akun Hootsuite untuk dapat menggunakan layanan pemendek link-nya.

Hal ini disebabkan karena alasan keamanan pengguna, tapi tenang ,untuk bisa memiliki akun Hootsuite, pengguna tidak perlu berlangganan alias gratis.

Namun, tetap ada beberapa keterbatasan di akun gratis ini. misalnya penggunya akun Individu (gratis) hanya bisa menggunakan maksimal tiga akun media sosial, 30 schedule posts, intergrasi dua RSS feed dan integrasi ke 150 lebih aplikasi.

Jika pengguna membutuhkan layanan yang lebih dari itu, maka pengguna bisa melakukan upgrade layanan ke beberapa pilihan seperti, akun Profesional, akun Tim, akun Bisnis dan akun Enterprise. Masing-masing memiliki harga dan tingkat layanan yang berbeda-beda, jadi pengguna bisa menyesuaikan layanan yang dipilih sesuai dengan kebutuhan.

3. TinyURL

tinyurl

TinyURL merupakan layanan pemendek url yang paling lama keberadaannya, dengan tampilan situs yang sederhana dan terkesan lawas. Meskipun begitu, layanan pemendek url ini masih banyak digunakan oleh pengguna di seluruh dunia.

Pengguna pun tak perlu repot untuk membuat akun terlebih dulu agar bisa menggunakan layanan pemendek url ini. Dan pengguna juga bisa mengkustomisasi url sesuai keinginan tanpa khawatir akan expired.

4. Adf.ly

adfly

Terakhir ada Adfly, situs penyingkat url yang cukup populer dikalangan blogger. Kenapa? Karena selain tidak memerlukan login untuk bisa menggunakan layanan pemendek url-nya, Adfly juga menawarkan pendapatan lebih pada penggunanya.

Jadi, setiap pengguna bisa menghasilkan uang sebesar $50 dari setiap short link yang dibuat dan telah dibagikan sebanyak 1500 kali, asyik, bukan?

Namun, untuk bisa mencairkannya, pengguna harus memiliki akun Paypal, karena setiap pembayaran akan dicairkan melalui layanan tersebut.

Selain itu, Adfly juga memiliki fitur untuk memonitor berapa banyak traffic dari short link yang telah dibagikan. Hanya saja untuk menggunakan fasilitas ini pengguna diharuskan memiliki akun dan melakukan login.

Sebenarnya masih banyak lagi situs layanan pemendek link (url) yang bisa digunakan, tapi keempat situs ini adalah yang terbaik menurut kami.

Comments

More in Featured

To Top