Connect with us

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli SSD Eksternal

ssd eksternal

Featured

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli SSD Eksternal

Solid State Drive atau yang sering disingkat SSD, kini banyak menjadi pilihan para pengguna perangkat komputer baik PC desktop maupun laptop, sebagai memori penyimpanan data menggantikan hard disk.

Tak heran angka penjualan SSD semakin meningkat dari hari ke hari. Bahkan untuk urusan penyimpanan data portabel, banyak pengguna kini beralih ke SSD eksternal ketimbang hard disk eksternal.

Alasannya sederhana, SSD Eksternal punya ukuran yang lebih ringkas sehingga mudah dibawa kemana-mana, dan kecepatan akses data yang lebih tinggi. Namun sebelum membeli SSD Eksternal yang diinginkan, ada baiknya pengguna memperhatikan empat hal berikut ini:

1. Besar Kapasitas Penyimpanan SSD Eksternal

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah seberapa besar kapasitas SSD eksternal yang diinginkan? Nah, biasanya hal ini terkait dengan apa tujuan pengguna menggunakan SSD eksternal. Apakah untuk mencadangkan data atau sebagai media penyimpanan tambahan.

Sebab besarnya kapasitas SSD yang diinginkan, akan berpengaruh terhadap berapa besar uang yang akan dikeluarkan, karena semakin besar kapasitas SSD, akan semakin mahal pula harganya.

Saran kami, setidaknya pilih kapasitas SSD eksternal 2x lebih besar dari memori penyimpanan data yang saat ini digunakan.

2. Kecepatan Transfer Data SSD Eksternal

Ada dua model SSD yang ada dipasaran, masing-masing mempunya perbedaan bentuk, teknologi dan juga kecepatan. Pertama adalah SSD dengan ukuran 2.5 inci, persis sama dengan hard disk biasa dengan konektivitas SATA 3. kecepatan SSD jenis ini biasanya mencapai 300 MB/s atau lebih tinggi.

Kedua, adalah SSD yang biasa disebut dengan M.2 NVMe. Bentuknya lebih kecil dan memanjang seperti RAM, karena menggunakan teknologi chip memori. Tapi mempunyai kecepatan di atas SSD 2.5 inci, yaitu bisa mencapai 400 MB/s atau lebih.

3. Port Pada SSD Eksternal

Jika pengguna menggunakan perangkat PC desktop atau laptop terbaru yang memiliki konektivitas USB Tipe-C, ada baiknya juga memilih SSD eksternal yang menggunakan koneksi USB Tipe-C, agar mendapatkan kecepatan transfer data yang maksimal.

4. Fitur Tambahan

Jika punya budget lebih pilih tipe SSD eksternal yang memiliki fitur tambahan seperti WiFi misalnya. Fitur ini sangat berguna untuk berbagi akses data yang ada pada SSD eksternal secara bersamaan.

Lalu jika pengguna adalah tipe orang yang punya mobilitas tinggi, ada baiknya memilih SSD eksternal yang sudah memiliki sertifikat ketahanan terhadap air dan benturan.

Continue Reading
Comments

More in Featured

To Top